Senin, 24 Oktober 2011

Pemasaran


PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pengertian Pasar
Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
Pengertian Pemasaran
Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Jenis-jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya :
Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu :
1)    Pasar nyata
2)    Pasar tidak nyata(abstrak).
  • Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh : pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya :
Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
  • Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
  • Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya :
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi :
Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional
Jenis-jenis pasar barang
1. Pasar persaingan sempurna
Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:
· Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak.
· Barang yang diperdagangkan serba sama.
· Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).
· Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
· Tidak ada hambatan untuk keluar masuk pasar bagi penjual.
· Faktor-faktor produksi bebas bergerak.
· Pemerintah tidak campur tangan dalam pemetapan harga.
2. Pasar monopoli (milik pemerintah)
Adalah suatu bentuk intnteraksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli. Ciri-ciri pasar monopoli (milik pemerintah) adalah:
· Harga ditentukan satu perusahaan.
· Tidak terdapat barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution).
· Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk kedalam industry.
· Penjual menguasai penentuan harga.
· Usaha mempromosikan melalui iklan kurang diperlukan.
3. Pasar persaingan monopolistik
Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah:
· Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar.
· Barang yang dijual diferentiaten.
· Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri oleh karna itu harus memperhitungkan persaingan dengan barang-barang lain yang sama tetapi berbeda corak untuk memenangkan persaingan.
· Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan.
· Keluar masuk pasar relatif lebih mudah dibandingkan dengan pasar monopoli atau oligopoli. Keadaan pasar disini mengndung unsure monopoli sekaligus unsur persaingan disebut pasar persaingan monopoli.
4. Pasar oligopoli
Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah:
· Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar.
· Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk).
· Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
· Satu diantara para oligopolis merupakan rice yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar terbesar , memiliki kekuatan besar untuk menetapkan harga dan para penjual yang lainya terpaksa mengikuti harga tersebut.
Konsep-konsep Inti Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1) Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2) Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
3) Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4) Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5) Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6) Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
Manajemen Pemasaran
Keadaan Permintaan Pasar dan Tugas Pasar
Ada 8 (delapan) keadaan permintaan yang berbeda-beda dan ada tugas tertentu yg harus dilakukan oleh manajemen pemasaran:
1.  Permintaan negatif (negatif demand).   Pasar tidak menyukai produk bahkan berupaya menghindarinya. (vaksinasi, cabut gigi, operasi)      Tugas pemasaran adalah menganalisis mengapa pasar tidak menyukai. 
2  Tidak ada permintaan (no demand).Konsumen merasa tidak tertarik kepada produk yang ditawarkan karena tidak mempunyai kepentingan terhadap manfaatnya. Contoh mahasiswa tidak menyukai  bahasa asing.Tugas pemasaran menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat pasar.  
3.  Permintaan terpendam (latent demand).    Konsumen mempunyai hasrat kuat terhadap sesuatu yang tidak dapat dipuaskan oleh suatu produk yang ada. Contoh rokok yang tidak membahayakan kesehatan.    Tugas pemasaran mengukur besarnya pasar potensial dan mengembangkan barang yang akan memuaskan permintaan terhadap produk tersebut.
4.  Permintaan yang menurun (falling demand).    Cepat/lambat permintaan pasti mengalaminya. Pemasaran harus menganalisisnya sebab-sebab terjadinya, dengan menciptakan pasar baru, mengubah ciri produk, mengembangakan komunikasi yang efektif.    Tugas pemasaran meningkatkan permintaan yang menurun melalui pemasaran kembali produk bersangkutan dengan cara yang kreatif.
5. Permintaan yang tidak teratur (irregular demand).Perusahaan sering dihadapi dengan permintaan yang berubah-ubah menurut musin, hari, jam sehingga penggunaan kapasitas menjadi berkurang, menganggur atau berlebihan.Tugas pemasaran menemukan cara untuk mengubah pola waktu permintaan melalui  penentuan harga yang fleksibel, promosi dan rangsangan lainnya.
6. Permintaan penuh (full demand ).Permintaan penuh bila organisasi itu puas terhadap volume usaha telah dicapainya terutam jumlah permintaan yang diharapkan.Tugas pemasaran harus mempertahankan tingkat  permintaan.
7. Permintaan yang berlebihan (overfull demand).Permintaan sering mengalami lebih tinggi daripada yangg ingin dilayani.Tugas pemasaran melakukan demarketing yaitu menentukan cara mengurangi sementara  permintaan seperti menaikan harga, mengurangi promosi atau aktivitas pelayanan.
8. Permintaan yang tidak sehat (unwholesome demand).    Produk yangg tidak sehat sering memunculkan upaya yang terorganisasi untuk mengurangi atau mencegah penggunaannya.Tugas pemasaran mengajak orang-orang mengurangi atau meninggalkan produk ini dengan cara menaikkan harga memberi ancaman, mengurangi ketersediaan produk tersebut.
Falsafah Manajemen Pemasaran
Ada 5 konsep dalam melakukan pemasaran :

1.      Konsep produksi : bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya. Manager yang berwawasan produksi, memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi serta distribusi yang luas.

2.      Konsep produk : bahwa konsumen memilih produk yang menawarkan mutu dan inovatif. Manager memusatkan perhatiannya untuk membuat produk yang berkualitas.

3.      Konsep penjualan : bahwa kalau konsumen dibiarkan saja, konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah besar. Manajer harus melakukan usaha penjualan dan promosi.

4.      Konsep pemasaran : bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang di inginkan secara efektif dan efisien dari pesaingnya.
Dampak jika tidak menganut konsep pemasaran :
·         Menurunnya penjualan
·         Lambatnya pertumbuhan
·         Berubahnya pola pembelian
·         Bertambahnya saingan
·         Meningkatnya pengeluaran pemasaran
5.      Konsep pemasaran kemasyarakatan : bahwa tugas perusahaan menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Fokus perhatiannya;
·         Keuntungan perusahaan
·         Kepuasan pelanggan
·         Kepentingan umum
Bauran Pemasaran(Marketing Mix)
·         Kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama yang lain.
·         Marketing mix, sering disebut sebagai konsep 4 P, yaitu :
1)      Produk (product) : barang dan jasa yang dapat ditawarkan di pasar.
2)      Harga (price) : sejumlah kompensasi (uang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang dan jasa.
3)      Saluran distribusi (place) : saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke komsumen.
4)      Promosi (promotion) : suatu kegiatan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

Tujuan Sistem Pemasaran

1)      Memaksimalkan konsumsi
2)      Memaksimalkan kepuasan konsumen
3)      Memaksimalkan pilihan
4)      Memaksimalkan kualitas hidup.

Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
Pemasaran tujuan sistem pemasaran, memaksimumlan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersedian, dan harga pokok barang. mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading pengumpulan informasi pasar pendeketan serba lembag. dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang. dll. pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba sistem menyangkut elemen - elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan lembaga.
Sellmie Asgari Cristy-1EB06
Sumber:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar