Minggu, 17 Mei 2015

15 - Penilaian Kinerja

PENILAIAN KINERJA

Ada 2 kinerja keuangan yang digunakan secara luas oleh perusahaan-perusahaan multinasional yaitu ROI dan kinerja yang dianggarkan. Sehubungan dengan kriteria ukuran kinerja keuangan, maka isu-isu tambahan yang muncul, khususnya untuk ROI adalah:
a.       Identifikasi komponen ROI
b.      Pengukuran akuntansi ROI
Variasi ROI berhubungan dengan elemen-elemen laba dan basis investasi yang sesuai. Apakah laba harus merupakan selisih antara pendapatan dan biaya seperti yang terlihat pada laporan laba rugi pada perusahaan yang ditunjukkan kepada pihak eksternal? Walaupun ukuran laba konvensional tersebut lebih mencerminkan penandingan antar upaya dan pencapaian sebuah perusahaan daripada ukuran arus kas, tetapi laba konvensional tersebut menyesatkan dalam lingkungan internasional.
Untuk mengatasi kelemahan tersebut, akuntan korporasi perlu menentukan seakurat mungkin pengembalian-pengembalian yang berkaitan. Masalah yang timbul mengenai denomitor ROI. Sesuai dengan prinsip evaluasi manajerial di atas, basis investasi harus berupa sumber daya yang berkendali bagi manajemen yang bersangkutan. Jadi, kelebihan sediaan yang disebabkan karena kebijakan valuta harus dieliminasi.
Banyak perusahaan di Inggris dan AS yang sedang menghitung ROI dengan menghubungkan EBIT dengan aktiva tetap tambahan modal kerja neto. Sementara perusahaan-perusahaan Belanda biasanya tidak memasukkan saldo kas akhir dalam definisi “modal yang digunakan”, karena secara opsional kas ditangan dianggap merupakan aktiva yang tidak produktif. Pada sisi lain, kas digunakan sebagai standar perbandingan yaitu return atas aktiva yang digunakan paling tidak harus melebihi return yang mestinya diperoleh seandainya kas diinvestasi pada pasar modal setempat.

Sumber:

Soal Dan Jawaban
1.      ROI merupakan... Jawaban: B
a.       Return On International
b.      Return On Investment
c.       Semua Jawaban Benar
d.      Semua Jawaban Salah
2.      EBIT merupakan... Jawaban: B
a.      Earning before tax
b.      Earning before interest and taxes
c.       Earning before interest, taxes, depreciation and amortization
d.      Semua Jawaban Salah
3.   Sehubungan dengan kriteria ukuran kinerja keuangan, maka isu-isu tambahan yang muncul, khususnya untuk ROI adalah... Jawaban: C
a.       Identifikasi komponen ROI
b.      Pengukuran akuntansi ROI
c.       Semua Jawaban Benar
d.      Semua Jawaban Salah
4.    Sesuai dengan prinsip evaluasi manajerial di atas, basis...harus berupa sumber daya yang berkendali bagi manajemen yang bersangkutan. Jawaban: D
a.       Akuntansi
b.      ROI
c.       EBIT
d.      Investasi
5.      Kelebihan sediaan yang disebabkan karena kebijakan...harus dieliminasi. Jawaban: A
a.       Valuta
b.      Pasar
c.       Pembeli
d.      Saham



Tidak ada komentar:

Posting Komentar